Dalam flash terdapat beberapa tool-tool dasar yang masing-masing mempunyai fungsi sebagai selektor, penggambar objek, penghapus objek, pewarna objek, serta perngatur perbesaran objek, berikut beberapa penjelasan singkat masing-masing tool, untuk mengetahui nama dari masing masing tool cukup arahkan mouse Anda ke atas icon tool yang dimaksud, maka akan muncul popup dari nama tool yang sedang disorot.

1. Selection Tool (V)
Selection Tool untuk menseleksi benda, baik berupa objek (shape), line, titik maupun simbol, sekaligus berfungsi untuk mengedit gambar yang ada di stage.
2. SubselectionTool (A)
Merupakan tool utama yang berfungsi untuk menseleksi dan memodifikasi titik maupun garis (stroke)
3. Free Transform Tool (Q)
Free Transform Tool berfungsi untuk memodifikasi scale(skala),skew(kemiringan), rotation(rotasi), distorsi, dan envelop dari sebuah objek yang terdapat di stage
4. Laso Tool (L)
Tool yang berfungsi untuk menyeleksi benda secara kasar
5. Pen Tool (P)
Tool yang berfungsi untuk membuat sebuah bentuk lengkungan (path), dapat di gunakn juga untuk tracing.
6. Text Tool (T)
Tool yang berfungsi untuk membuat tulisan dalam stage
7. Line tool (N)
Tool yang berfungsi untuk membentuk garis lurus dalam stage
8. Rectangle Tool (R)
Tool yang berfungsi untuk membuat bentuk kotak. Rectangle Tool juga memiliki sub tool, yakni Polystar Tool yang berfungsi membuat bermacam bentuk segi. Klik tanda panah kecil disamping Rectangle Tool maka akan terbuka pilihan tersebut.
9. Pencil Tool (Y)
Pencil Tool berfungsi untuk membuat goresan yang seperti pensil. setiap goresan akan menjadi tipe stroke
10.Brush Tool (B)
Berfungsi untuk membuat goresan seperti kuas(brush) yang merupakan tipe fill.
11. Ink bottle Tool (S)
Tool ini berfungsi untuk menerapkan warna yang sedang aktif ke dalam garis tepi (stroke) sebuah
objek.
12. Paint bucket Tool (K)
Tool ini berfungsi untuk menerapkan warna yang sedang aktif ke dalam daerah dalam yang tertutup (fill) sebuah objek.
13. Eye dropper (I)
Berfungsi untuk mengambil sampel warna
14. Eraser (E)
Penghapus objek
15.Hand Tool (H)
Hand Tool berfungsi untuk menggeser stage sejauh pergeseran drag mouse (menahan kik kiri mouse)
16. Zoom Tool (M,Z)
Zoom Tool berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil stage, saat zoom took di klik, maka akan muncul Option pada modifiers, pilih salah satu icon untuk memperbesar atau memperkecil stage Dari semua tool-tool di atas , saya akan mencoba menjelaskan beberapa tool yang berfungsi untuk menggambar sederhana sebagai bahan latihan.

Oval Tool
Pada penjelasan kali kita akan belajar cara menggunakan Oval Tool (O) untuk menggambar sebuah
lingkaran, ikuti langkah berikut :
1. Pilih Oval Tool, saat Oval Tool aktif, maka Anda akan melihat 2 kotak warna yang disebut stroke color dan fill color. Stroke color adalah warna yang akan mengisi warna tepi garis sebuah objek sedangkan fill color akan mengisi warna dalam dari sebuah objek.
2. Klik kotak stroke color dan pilihlah warna hitam
3. Klik kotak fill color dan pilihlah warna biru
4. Atur ketebalan dari daris stroke pada panel properti, ubah nilai ketebalan garis menjadi 3 pt dan pilih solid. perhatikan gambar 1.7

 5. Sekarang mulailah menggambar pada stage sebuah lingkaran dengan cara klik sembarang
tempat pada stage, kemudian tahan dan geser mouse dan lepaskan jika sudah selesai.



 Tips : mungkin gambar yang Anda hasilkan tidak bulat sempurna seperti gambar di atas, untuk menghasilkan gambar bulat sempurna, ulangi langkah ke 5, namun kali ini sambil menekan tombol Shift pada keyboard saat menggambar lingkaran.
Rectangle Tool
Rectangle Tool (R) berfungsi untuk menggambar sebuah kotak dalam stage, untuk menggambar kotak, klik Rectangle Tool dan lakukan hal yang sama seperti langkah menggambar lingkaran di atas.Jika Anda menekan tombol shift saat menggambar kota, maka kotak yang dihasilkan akan membentuk sebuah persegi, jika tidak ditekan, maka gambar dapat berbentuk persegi panjang.







Untuk melihat kelanjutan tentang penggunaan tool silahkan klik penggunaan tool 2