Timeline dalam flash berperan penting dalam pembuatan sebuah animasi maupun pemograman dalam flash, oleh karena itu, Anda harus menguasai  dasar-dasar dalam timeline. Timeline adalah suatu tempat dimana potongan-potongan objek, script, gambar, suara dan lain-lain akan diletakkan. 









Perhatikan pada bagian timeline, angka-angka yang berada di atas timeline merupakan urutan suatu  frame, dan nilai ini tidak terbatas, tapi biasanya sebuah file besar memiliki hingga ribuan frame. Jika  Anda perhatikan tentang pembahasan pengaturan properti di atas, maka akan kita ketahui bahwa  makna 12 fps adalah 12 frame setiap detiknya.
Frame dalam timeline dapat mengalami beberapa keadaan, perhatikan gambar  1.20


Apabila di dalam frame terdapat tanda bulat putih, berarti frame tersebut kosong tidak mengandung objek apapun. Apabila frame tersebut terdapat tanda bulat hitam, berarti frame tersebut terdapat objek. Tanda kotak dalam frame hanyalah sebagai pemisah yang maksudnya memiliki kesamaan dengan frame-frame sebelumnya, jika di dalam frame  tersebut terdapat tanda panah, bermakna terdapat tweening dalam beberapa frame tersebut, garis putus-putus berarti tweening yang gagal terjadi dalam frame. Sedangkan bila di furame tersebut terdapat huruf  a kecil, berarti frame tersebut mengandung action script. Frame yang terdapat tanda bendera merah maksudnya frame Tersebut telah diberi identitas (nama pada properti),  dan jika frame tersebut terdapat tanda gelombang biru, berarti frame tersebut mengandung suara.
Untuk mempelajarai hal-hal apa saja yang dapat kita pelajari dari timeline, cobalah klik kanan di
sembarang timeline, maka akan muncul beberapa perintah seperti pada gambar 1.19 

Berikut penjelasan masing-masing perintah

Create Motion Tween
Perintah ini bermaksud memberikan gerakan tweening animasi objek dalam beberapa frame. Fungsi  ini akan lebih detail kita bahas pada BAB 3 tentang Animasi.
 
Insert Frame
Perintah ini akan membuat sebuah frame kotak yang keadaannya mengikuti frame sebelumnya, jika frame sebelumnya kosong, maka frame ini juga kosong, dan jika frame sebelumnya terdapat objek, maka frame ini pun akan memiliki objek yang sama.
 
Remove Frame
Perintah ini akan menghapus frame yang sedang terseleksi.
 
Insert KeyFrame
Perintah ini akan menyisipkan sebuah frame baru yang keadaannya mengikuti frame sebelumnya, jika frame sebelumnya kosong, maka frame ini juga kosong, dan jika frame sebelumnya terdapat objek, maka frame ini pun akan memiliki objek yang  sama. Perintah ini adalah yang paling banyak digunakan setiap pembuatan objek baru dalam stage.
 
Insert Blank Keyframe
Perintah ini akan menyisipkan sebuah frame kosong walaupun frame sebelumnya mengandung objek.
 
Clear Keyframe
Perintah ini akan mengosongkan frame yang mengandung objek, dengan kata lain, perintah ini akan mendelete semua konten yang ada dalam frame tersebut. 
 
Convert to  Keyframes 
Perintah ini akan mengkonversi sebuah frame tanpa identitas menjadi frame objek dengan objek tergantung frame sebelumnya.
 
Convert to  Keyframes
Perintah ini akan mengkonversi sebuah frame tanpa identitas menjadi frame kosong, tidak bergantung pada frame sebelumnya.
 
Cut Frames
Memindahkan posisi suatu frame ke frame yang lain

Copy Frames
Mengcopy suatu frame ke frame lain

Paste Frames
Penerapan setelah perintah copy atau cut frames
 
Reverse Frame
Membalik urutan beberapa frame yang terseleksi
Syncrhonize frame
Perintah untuk mensinkronkan simbol-simbol dalam frame
 
Action
Memberikan action script pada suatu frame