Untuk membuat teks adalah dengan mengklik text tool (T), kemudian tuliskan atau ketikkan pada keyboard  Teks yang diinginkan misalkan AFFAN.  Dalam flash terbagi menjadi 3 jenis yaitu Static text, Input Text, dan Dynamic Text, ketiganya memiliki fungsi yang berbeda, berikut penjelasan masing-masing.

1. Static Text, merupakan text biasa yang dipergunakan untuk menampilkan text dalam flash. Jenis text ini tidak dapat dimasuki action script. Jika Anda mengklik text Tool, maka tampilan panel property akan berubah menjadi seperti pada gambar 1.26.










Pada panel properti inilah tempat pengaturan jenis font, besar font, tebal, kemiringan serta posisi dari text. Jenis text yang sedang aktif ditunjukkan oleh tab di sebelah kiri.
2. Input Text merupakan jenis text yang berfungsi untuk pemasukan data external kedalam flash. Input text ini memiliki variabel tertentu yang akan dibahas detail pada postingan selanjutnya mengenai action script.
3. Dynamic text merupakan jenis text yang nilainya tergantung pada fungsi yang dipasang pada variabel dynamic text, Penjelasan lebih rinci mengenai dynamic text juga akan dibahas padaBAB selanjutnya mengenai action script.